Sabtu, Januari 10, 2015

Tentang manfaat singkong dan daunnya dalam herbal

Daun Singkong

PERBANDINGAN ((Singkong vs Keju)

Kenapa singkong selalu dihubungkan dengan keju untuk membandingkan antara orang miskin dan orang kaya, rakyat jelata dan priyayi dll?
Diperkirakan saat masuknya singkong dibawa oleh orang Portugis bersamaan juga dengan diperkenalkannya makanan Keju berasal dari bahasa portugis
 Queijo. Dan ketika Belanda berkuasa, semakin dikenalkanlah makanan ini. Ketika banyak rakyat pribumi dengan mudah menanam dan mengolah singkong menjadi bahan makanan, keju "pemasaran"nya dibatasi agar tidak sembarang orang bisa membuat dan mengolah keju, keju pun hanya beredar di kalangan2 tertentu saja, umumnya orang Belanda dan EROPA lainnya, serta kaum pribumi terpandang (jutawan, bangsawan).
Menurut Creutzberg dan van Laanen, meski nilai singkong sebagai makanan kurang dibandingkan beras atau jagung, ia tetap digunakan untuk menggantikan beras di berbagai bagian Jawa Tengah pada masa paceklik sebelum panen atau saat panen gagal.
karena dipandang lebih rendah daripada padi sebagai bahan pangan pokok, singkong memiliki reputasi buruk di kalangan pakar ekonomi pertanian. Kandungan proteinnya lebih rendah daripada padi dan peningkatan konsumsi per kapitanya biasanya dipandang sebagai tanda kemiskinan. Kendati demikian, peralihan ke singkong menjadi bukti bagi dinamika pertanian tanaman pangan Pulau Jawa pada masa akhir kolonial.                                                

Kandungan Daun Singkong

Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam  daun singkong?  Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita. 


Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.


Manfaat untuk pengobatan:

  • Dalam hal dunia pengobatan tradisional, daun singkong juga memiliki khasiat, yaitu mengatasi masalah cacingan dan membantu meredakan nyeri karena radang sendi atau artritis.
    Singkong.net menjelaskan manfaat untuk pengobatan tradisional rematik menggunakan daun singkong sbb:
    a. Pemakaian obat dalam
    Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 g jahe. Kemudian rebus semua bahan tadi kedalam1000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian Air rebusan ramuan 2 kali sehari pagi dan sore @200cc, setelah disaring.
    b. Pemakaian obat luar
    Ambil 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan semua bahan dengan ditambah air secukupnya hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang sakit.
    Berikut untuk mengobati cacingan:
    Untuk manfaat ini, yang kita ambil adalah kulit batang singkong. Caranya sangat mudah, ambil kulit batang secukupnya, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga  mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum sebelum tidur pada malam hari
  • Manfaat dan kandungan nutrisi daun singkong

    Kandungan nutrisi:

    Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).

    Manfaat bagi kesehatan:

    Regenerasi sel: Protein yang terkandung dari daun ubi ini bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi sel tubuh yang telah mati, sehingga tubuh kita selalu segar dan awet muda. Perlu diketahui bahwa Seluruh otot, kulit, rambut semuanya dibentuk oleh protein.
    Kalori: Kalori tentu saja akan memberikan tenaga bagi tubuh kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, dan daun singkong juga diketemukan cukup tinggi kalori.
    Karbohidrat: Fungsi utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh kita. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan protein. Tanpa karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai bahan bakar, sehingga akibatnya dapat menghambat pembentukan sel tubuh. Karbohidrat juga membantu kita untuk tetap merasakan kenyang, seperti halnya ketika kita makan nasi
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       HERBAL DALAM PENGOBATAN.           












Mengobati Mata Kering

Ambillah beberapa lembar daun singkong yang masih segar.
Tumbuk halus daun singkong tersebut.
Setelah itu, tumbukan daun singkong yang sudah kita tumbuk halus tersebut kita
Kompreskan kebagian kepala kita yang sakit secara menempel.

Obat Rematik

Ambil daun singkong yang masih segar kurang lebih 5 lembar, jahe merah 15 gram, dan kapur sirih secukupnya, haluskan, dengan cara ditumbuk atau di blender.
Bahan-bahan tersebut yang sudah kita haluskan tersebut kita campur dengan sedikit air dan aduk sampai rata, setelah itu oleskan pada bagian yang sakit.

Mengobati Diare

Ambillah singkong yang masih segar secukupnya
Rebus daun singkong tersebut dia air kira-kira 900cc atau lebih ditambah dikit.
Rebus sampai airnya berkurang menjadi setengah,Saring lalu ambil airnya.
Buat menjadi dua bagian khusus,dan minum dua kali sehari, pagi dan malam.

INFO KECIL INI SEMOGA TAMBAH BERMANFAAT BUAT SEMUANYA....SALAM!

                     
                      Untuk berbagi info tulis di kolom komentar,banyak tumbuh-tumbuhan yang ada di bumi tentu ada khasiat dan manfaatnya.PENULIS hanya menyampaikan kurang lebihnya infonya     mohon maaf,karena saya hanya sebatas menyampaikan sedikit info dalam artikel kecil ini.SALAM SANTUN DARI SAYA...!!!



































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THANKS